Bertanya Tentang RAM Merupakan Sebuah Ketidaksopanan

Ehem, hari ini, Kamis, tanggal *lihat kalender* 13 April 2017, pukul 21.16 WITA, detiknya tidak terhitung karena terus berjalan, saya, Agung, mewakili semua orang di seluruh dunia, yang memiliki spek komputer minimalis dengan RAM yang bersahaja, menyatakan bahwa, RAM adalah privasi umat manusia. Oleh karena itu, menanyakan tentang RAM kepada orang lain adalah sebuah ketidaksopanan. Mengenai alasan dari pernyataan saya, silahkan simak penjelasan berikut.

Suatu hari, entah hari apa, semasa saya masih muda dulu. Ketika itu saya baru kelas X SMA, freshman. Saat itu saya ingat adalah hari pertama pelajaran B,Inggris. Kami yg baru selesai pelajaran entah apa saya lupa, segera pindah menuju ruang B.Inggris I (btw dulu pas kelas X enak, masih moving class, bisa menyempatkan diri ke kantin di saat ganti mapel). Saya dapati di ruangan itu duduk seorang wanita, yang belum saya tau siapa.

Singkat cerita, beliau mengenalkan diri dengan nama *sensor*. Kemudian beliau bertanya, “apakah ada yang ingin bertanya?”

Seorang teman saya kemudian mengangkat tangan dan menanyakan usia beliau. Ibu Guru pun tersenyum sembari menyebutkan usianya. Kemudian beliau sedikit ceramah bahwa kami sebenarnya tidak boleh sembarangan menanyakan umur, karena di banyak tempat, usia seseorang itu adalah hal yang tidak sopan untuk ditanyakan.

Begitu saja cerita tentang masa muda saya, dilanjutkan dengan cerita beberapa waktu lalu. Di suatu grup di telegram, ada penghuni baru. Kemudian, member-member lainnya yang terbiasa ramah dan sopan menanyakan nama dll kepada member baru tersebut. Kemudian, ada oknum X yang bertanya “RAMnya berapa?” kepada member baru.

Jika kalian punya lagu Rude dari Magic, silahkan putar pada bait “Why you gotta be so rude?” Karena bait itu adalah soundtrack dari tulisan ini.

Dari situ, saya pun menyadari sesuatu, kemudian saya berpikir, sampai tiba saatnya saya menulis artikel ini. Saya ingin, mulai sekarang, semua memperlakukan RAM sama seperti perlakuan terhadap usia seseorang. Jika mengejek usia orang lain adalah hal yang tak pantas, mengejek kapasitas RAM seseorang pun bukanlah hal yang pantas. Jika bertanya usia seseorang tidak sopan, bertanya tentang RAM pun adalah hal yang tak sopan, camkan itu! Mulai saat ini, sekarang, biasakan untuk bertutur kata sopan dan baik kepada siapapun.

Akhir kata, jangan lupa join grup @tgramindo di telegram. Miminnya cantik dan baik.

12 pemikiran pada “Bertanya Tentang RAM Merupakan Sebuah Ketidaksopanan

  1. Sungguh, suatu kisah masa muda yg mengharukan, penuh inspirasi 😯

  2. Wah sungguh-sungguh cerita yang menginspirasi, master Agung 🙇

  3. heh bubar kalian semua!

  4. Ayo gaungkan ke toko komputer!

  5. klik bait judulnya, melankolis isinya bgstbgt lah bp putra ini :matabelo:

    #storyoftheyear

  6. Pagi-pagi ketawa baca ginian. Ngehe beud kata-katanya. Keren!

    Gung, jadi berapa RAM dan usia ente? Maaf saya lancang *kabuuuuuuur*

Tinggalkan Balasan

