Perpisahan

Di dunia ini, ada hal-hal yang takkan pernah bisa kita kendalikan, sekeras apapun kita berusaha untuk mengendalikannya. Termasuk perpisahan.

Perpisahan, secara sederhana bisa diartikan sebagai akhir dari pertemuan. Semua orang yang merasakan pertemuan, pasti merasakan perpisahan, baik perpisahan secara hakiki ataupun tidak.

Terkadang, kita merasa takut menghadapi perpisahan. Padahal, ketika kita memulai sesuatu, kita sudah masuk ke dalam langkah-langkah menuju perpisahan. Seperti Ari SK2H pernah berkata:

“…Bukankah ketika kita memulai sesuatu, justru sebenarnya kita sedang maju satu langkah untuk mengakhirinya? Waktu hanya sebuah pilihan dari Tuhan untuk manusia. Ada yg bisa menggunakannya dengan bijak, tapi banyak juga yg nggak demikian. Satu yg pasti, waktu nggak pernah berputar mundur, meski hanya sedetik. Dan gw seharusnya lebih bisa menerima apa yg sudah jadi pilihan gw…”

Yah, waktu takkan pernah berjalan mundur, dan waktu hanya datang untuk berlalu, ketika kita berpisah, kita akan berpisah. Walaupun kita memiliki kemungkinan untuk bertemu lagi, tetapi pertemuan tersebut akan sangat berbeda dengan pertemuan pertama. Karena sejarah memiliki kepastian untuk tidak terulang sama persis untuk kedua kali.

Perpisahan memang sesuatu yang pasti, tetapi sebuah pertemuan, selalu menyisakan kenangan.

Dan kalian tahu? Kadang kenangan itu seperti asap tipis yg menguap dari cangkir teh . Dia nyaris tak terlihat, sangat sulit untuk ditangkap, tapi kita tetap bisa merasakan kehangatannya. Bahkan saat dia terurai bersama angin musim gugur yg meniupkan helai demi helai daun momiji dari pucuk merahnya.

Petikan kata-kata yang ditulis oleh Ariadi Ginting di ebooknya. Ya, kenangan itu akan selalu terasa hangat. Kenangan tercipta ketika kita merasa rindu akan masa lalu. Kita selalu punya kenangan untuk menikmati kembali setiap momen yang telah berlalu.

Satu pemikiran pada “Perpisahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s