Pedagang Sekolah Part 1- Tukang Gorengan

Di sekolahku ada banyak pedagang. Mulai dari tukang bubur ampe tukang gorengan. Aku punya pengalaman aneh saat ngomong ama tukang gorengan, yg kebetulan baru mangkal 1 bulan. Ni orang dari Jawa keknya, soalnya logatnya medhok gitu. Nah, saat itulah aku mengalami-pengalaman-aneh, berikut dialognya:
Aku: Man, sosis lawan pangsitnya berapa? (Man, sosis dan pangsitnya berapa?)
tukang gorengan: Lawan apa dek?
a: sosis ama pangsit maksudnya
TR: oh, serobu dek
Aku pun menyerahkan uang 2 ribu, dan minta kembalian:
a: angsul seribu man (kembaliannya seribu man)
TR: apa dek?
a: angsul seribu
TR: lha tadi makannya seribu
dalam hati
a: Astaghfirullahal’adzim ni orang ngajak berantem
lalu aku dengar percakapan temanku yg lain, baru nyadar kalo si om pedagang gak ngerti bahasa Banjar, oh no, oh yes, malunya aku.
Aku pun ngomong pake bahasa Indonesia
a: man, kembaliannya seribu
Om pedagang pun ngasih seribu ke ane dengan gaya seperti orang ngasih sumbangab ke pengemis. Sepertinya om pedagang memegang teguh peribahasa “Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah”

Dari pengalaman itu aku belajat bahwa bahasa yg beda bisa membuat kita ribut n ribet. So, intinya adalah, buat pedagang di sekolah belajarlah bahasa Banjar, dan buat pembeli, belajarlah bahasa Jawa. Jadi ntar ngomongnya gak nyambung lagi.

8 pemikiran pada “Pedagang Sekolah Part 1- Tukang Gorengan

  1. Kalau mau bicaranya nyambung, dua-duanya belajar bahasa Aceh aja. :ngakaks

    agung: :ngakak

  2. Sebaiknya pake bahasa Indonesia aja, bisa dimengerti semua orang

    agung: bener banget

  3. ingat bro..
    Perbedaan itu INDAH..
    Hahahaha

    agung: iya, hahaha

  4. ohohohoh…
    Bisa aja ah..

    agung: hehehe

  5. HAHAHA… Ad² aja….
    Pake B.Inggris aj, nape?

    agung: telalu elit, hahaha

  6. Pake bahasa tubuh aja, gung. menggeliat-menggeliat gitu :p

    agung: ntar kami jadi cacing, hahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s