Bertahan atau Tinggal Cerita?

OK, lumayan lama gak mosting, kali ini pake kata “aku” lagi biar terkesan personal dan serius. Lagi-lagi aku mau menuangkan curhatanku ke blog ini. Oh ya, buat yang komennya belum terbalas, sori, aku belum sempat. Bukan bermaksud sok sibuk dsb, tapi ada beberapa kepentingan dunia nyata yang merenggut waktu OLku yang dari jam 3-6 sore, baik di hape maupun PC.

Kali ini tentang negri ku dan kamu dan semua di Indonesia, yakni Indonesia itu sendiri. Beberapa hari yang lalu ada peristiwa bom bunuh diri di Cirebon kan? Trus beberapa bulan yang lalu bom buku. Peristiwa seperti itu membuat aku berfikir, apa gunanya semboyan Bhinneka Tunggal Ika? Bukankah para pendahulu kita membuat semboyan tersebut agar difungsikan sebagaimana mestinya, bukan sekedar kata dalam profil negara.

Kenapa para pelaku pengebom tersebut, terutama bom buku, dengan mudahnya memvonis bahwa orang ini beriman, yang itu kafir, dst..dst. Mereka berlaku seolah Tuhan di dunia ini. Bukankah kadar kemurtad-an setiap orang tidak sama? Kalau semua sama, mungkin aku, kamu, dan semua orang di muka bumi ini bakal mati dibom termasuk sang pelaku pengeboman. Alasannya? Mudah saja, bukankah tak ada yang sempurna kecuali Sang Pencipta?

Apakah para pelaku kejahatan itu tak menyadari bahwa negri ini kenal baik dengan toleransi? Bersahabat dengan keberagaman?

Akhir cerita, aku mengkhayal, di masa depan aku sudah menjadi seorang Bapak dan mempunyai anak, di waktu anakku akan tidur, aku bercerita pada anakku tentang sebuah negri yang sekarang bernama Indonesia, negri yang hilang seperti Atlantis.

Pesanku, hargailah keberagaman, bersahabatlah dengan toleransi, kuatkan diri, demi negri ini.

Salah khilaf mohon maaf, curhatan ini bukan sok-sokan anak SMP, melainkan pemikiran yang mohon dihargai.

6 pemikiran pada “Bertahan atau Tinggal Cerita?

  1. hmmm, apa ya..
    Jdi bingung,
    Hahaha

  2. BHINNEKA TUNGGAL IKA
    selamanya akan tetap seperti itu kecuali untuk orang-orang yang suka mengadu domba terutama antar umat beragama,.

    awas, yang diatas da yang bingung,. wakakakakkkkabuurr,.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s