Kelebihan dan Kekurangan Linux

Pada postingan kali ini akan kucoba menjelaskan kelebihan dan kekurangan linux. Bagi yang belum tahu linux, silahkan baca artikel ini, atau langsung baca ke wikipedia.

Perlu diketahui sebelumnya, kelebihan dan kekurangan di sini diambil berdasarkan distro yang kupakai yakni Ubuntu. Dan kekurangan dan kelebihan ini kuambil berdasarkan pengalamanku.

Langsung saja kita mulai dari kelebihan:
1. Linux itu kebanyakan gratis, misalkan ubuntu yang aku pakai.
2. Linux itu bebas, maksudnya bebas kita modifikasi, kita sebarluaskan, dll. Istilahnya open source.
3. Linux itu mudah, kita gak perlu lagi install driver-driver buat hardware karena emang udah sepaket ama distronya melalui kernel. Sudah banyak hardware yang didukung. Kalaupun gak kedetek, bisa diselesaikan berkat dukungan komunitas yang banyak. Contohnya komunitas linux di kaskus.
4. Linux itu banyak komunitas, seperti yang udah dijelaskan di nomor 3
5. Linux itu asyik, misalkan kita kena masalah, kita bisa mencari tahunya, lalu kalo udah mentok, bisa tanya ke komunitas. Seperti android yang berbasis linux, Anda mengerti teknologi.
6. Linux banyak pilihan, distronya banyak, misalkan ubuntu, linuxmint, openSUSE, Fedora, dll. Lebih lengkapnya kunjungi distrowatch
7. Tampilannya bisa dicustom sesuka hati, contohnya lihat punyaku yang cupu. Di kaskus ada trit linux desktopoholic, kumpulan karya kaskuser dengan desktop yang mantap-mantap. Atau lihat postingan om shouso di blognya ini.
8. Linux gak gampang kena virus, mungkin karena distronya yang kebanyakan gratis, jadi apa untungnya bikin virus
Itu aja dulu yang aku tahu

Sekarang kita bahas kekurangannya:
1. Butuh koneksi internet, misalkan ada security update, kita butuh koneksi internet untuk mengupdatenya
2. Sering banget rilis baru, contohnya ubuntu 6 bulan sekali. Kalau aku mensiasatinya dengan memakai ubuntu versi LTS(long Term Support), misalnya Ubuntu 10.04 yang rilis bulan 04 2010 lalu, disupport pihak canonical selama 3 tahun
3. Dukungan software sedikit, ya, karena penggunanya juga sedikit. Namun kita bisa kok pakai aplikasi Windows di linux dengan wine, walaupun gak semuanya bisa jalan. Bahkan game PES 2011pun mampu dimainkan.
4. Banyak pilihan, selain jadi kelebihan, banyak pilihan juga jadi kekurangan, karena banyak pilihan, kita jadi bingung memilih distro linux. Aku sarankan ubuntu dan linuxmint untuk pemula.

Sudah dulu artikelnya ya, capek ngetiknya
tambahan: my new deskie
http://img84.imageshack.us/img84/4606/deskie.png

12 pemikiran pada “Kelebihan dan Kekurangan Linux

  1. hmm ..

    Klo aku setia ama XP SP 3 ..

    Tappi ..

    Aku pake 7 Remixx ..

    Jadi kliatannya kyk Win 7 ..

    Whahahaha .. #banggagajelas

  2. wuah, keren bro info nya,
    Tpi windows ttp the best, walopun selalu brkutat dgn virus,
    Hahaha

  3. kalau saya makai dualbooting, win7 sama linuxmint
    Perbedaannya sangat jauh, ringanan makai linux, dan effectnya bikin ngiler, haha sayang saya masih pemula banget, jadi masih gtau apa2 😀

  4. woohh, tentuu ajaa .. Cari aja dii Thoosje .

    Ada macem maceem ..

    Ada yg Win7, Vista, Linux, Ubuntu, dll ..

    Tapi aku milih Win7, soalnya kluargaku + tmen”ku banyak yang make Win7, jadi kurubah deeh XPkuu ..

    Hmm Kaskus ? Aneeh kyknyaa ..

  5. tetep stia pke windows bro. hehe… nice info gan. lmyn bt nmbah pngtahuan

  6. nice inpoh.. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s