Tutorial Menginstal VGA NVIDIA di Ubuntu Jaunty

Postingan ini saya tulis untuk membantu teman-teman yang memiliki VGA NVIDIA tidak terdeteksi di Ubuntu Jaunty. Hal ini juga terjadi kepada saya, setelah menginstal ubuntu di PC saya, VGAnya ternyata tidak terdeteksi, jadi saya harus menginstal ulang VGAnya. Untuk menginstal driver VGA NVIDIA, ini caranya :
1. Unduh driver NVIDIA dari situs resminya. Download driver yang sesuai dengan versi VGA yang digunakan.
2. Salin file tersebut ke direktori home user. Sebelum itu, saya sarankan anda login ke desktop sebagai root.
3. Masuk ke command-prompt dengan menekan ctrl+alt+f1 (bisa juga f2, f3, f4, f5, atau f6)
4. Nonaktifkan desktop manager gnome dengan :
sudo /etc/init.d/gdm stop
5. Instal driver VGA :
sh NVIDIA-Linux-x86-256.35.run

Kata yang dicetak tebal disesuaikan dengan nama file driver yang telah anda download.

6. Setelah itu, Driver akan dinstal. Waktu penginstalan tergantung dengan spesifikasi komputer anda.

7. Apabila driver sudah selesai, aktifkan kembali gnome desktop manager dengan:

sudo /etc/init.d/gd

Satu pemikiran pada “Tutorial Menginstal VGA NVIDIA di Ubuntu Jaunty

  1. Trims atas tuor nya josss…

    agung: sama-sama

Tinggalkan Balasan

